12 Obat Gatal di Apotik dan Alami Paling Ampuh

obat gatal

sumber : google.com

Obat gatal alami maupun medis memang saat ini sedang banyak dicari oleh kalangan masyarakat, karena banyak orang yang menderita penyakit gatal. Banyak hal yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, namun ada yang hilang dengan sendirinya dan ada juga harus di obati dengan obat gatal yang bisa didapatkan dengan mudah di apotik.

Meski sering dianggap sepele oleh sebagian orang, gatal di kulit bahkan dapat menimbulkan indikasi serius terlebih jika gejala gatal tersebut disertai dengan munculnya gejala lain. Umumnya, gatal-gatal di kulit disebabkan oleh gigitan serangga, biang keringat, alergi dan iritasi, tetapi gatal dikulit juga dapat disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu seperti penyakit ginjal dan kanker misalnya.

Selain itu, gejala gatal-gatal juga dapat terjadi pada masa kehamilan akibat dari perubahan hormon. Oleh karena itu, sebelum anda mencari cara untuk mengobati gatal-gatal di kulit, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu faktor penyebab utama gatal-gatal tersebut. Hal ini dikarenakan, beda penyebab tentu jenis pengobatan yang dilakukan pun berbeda.

Beragam Jenis Obat Gatal Paling Ampuh

Ada banyak sekali jenis obat gatal yang bisa anda gunakan untuk mengobati gatal-gatal di kulit. obat gatal sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu obat gatal di apotik dan obat gatal alami (tradisional). Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita bahas satu-persatu dibawah berikut ini.

Merk Obat Gatal di Apotik

Berikut ini beberapa jenis obat gatal medis yang bisa anda dapatkan di apotik, diantaranya yaitu :

  1. Salep

Jenis obat gatal medis yang pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati gatal-gatal di kulit yaitu dengan menggoleskan salep. Salep sendiri memang menjadi salah satu obat gatal paling ampuh untuk kulit baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh. jika gatal-gatal tersebut disebabkan oleh jamur, maka jenis obat salep yang tepat yaitu dengan menggunakan salep anti jamur. Selep jamur memiliki kandungan fungasol, ketoconazole dan mizonazole. Cara penggunaanya yaitu cukup dengan mengoleskan salep gatal secara merata dan tipis pada permukaan kulit yang terasa gatal dan menjadi tempat berkembangnya jamur.

  1. Obat Anti Gatal

Jenis obat gatal medis lainnya yang bisa anda dapatkan di apotik yaitu obat anti gatal berbentuk tablet. Bagi anda yang tidak suka memakai obat gatal salep, maka obat gatal oral dapat menjadi solusi tepat untuk mengobati gatal-gatal di kulit. Ada banyak jenis obat anti gatal oral yang bisa anda dapatkan di apotik maupun toko obat, salah satu obat anti gatal yang paling banyak di cari yaitu cetrizine HCL 10 ml. Obat pereda rasa gatal ini dapat diminum setiap hari sampai rasa gatal hilang, hasil terbaik bisa mengkombinasikan obat gatal oles dengan obat gatal oral yang digunakan secara bersamaan.

  1. Sabun Antiseptik

Cara mengobati gatal-gatal di kulit juga dapat diatasi dengan pemakaian sabun antiseptik, sabun ini dapat membantu membersihkan kulit dan membunuh kuman dan bakteri penyebab gatal-gatal. Selain digunakan untuk sabun mandi, sabun antiseptik ini juga dapat digunakan untuk mencuci tangan setiap sebelum dan setelah makan atau buang air besar. Sabun antiseptik dapat dengan mudah anda dapatkan di apotik atau swalayan terdekat di kota anda.

  1. Krim Kortikosteroid

Krim Kortikosteroid merupakan jenis obat gatal berbentuk salep, cara penggunaannya pun hanya dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal. Krim Kortikosteroid berfungsi untuk meredakan gatal-gatal yang menyiksa di kulit, mencegah peradangan dan juga bersifat sebagai anti alergi. Obat gatal ini hanya dapat digunakan pada daerah-daerah tertentu saja, sedangkan untuk mengobati gatal-gatal di seluruh tubuh bisa menggunakan obat gatal oral. Untuk hasil terbaik, gunakan obat gatal ini 3 sampai 4 kali sehari sampai sembuh.

  1. Kortikosteroid Oral

Obat gatal Kortikosteroid juga ada yang berupa jenis obat oral, sehingga obat gatal ini sangat cocok digunakan untuk meredakan gatal-gatal diseluruh tubuh. namun untuk pengobatan jangka panjang, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk meringankan efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan jangka panjang.

  1. Antihistamin

Obat gatal oral lainnya yang bisa anda dapatkan di apotik yaitu Antihistamin. Antihistamin adalah jenis obat oral yang dapat menghambat zat kimia dalam tubuh yang dapat memicu gatal-gatal. Obat gatal Antihistamin yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat yaitu CTM, obat ini cukup efektif untuk meredakan rasa gatal di kulit akibat alergi dan efek samping yang ditimbulkan yaitu dapat menyebabkan rasa kantuk. Maka dari itu, setelah minum obat ini tidak diperbolehkan untuk menjalankan kendaraan.

  1. Terapi Cahaya

Langkah medis terakhir untuk meredakan gejala gatal-gatal yaitu dengan melakukan terapi cahaya atau fototerapi, rasa gatal akan reda karena suhu panas yang dihasilkan pada alat terapi tersebut. Setelah melakukan pengobatan ini, maka anda tidak akan merasakan gatal-gatal lagi.

Obat Gatal Alami (Tradisional)

Selain dengan menggunakan obat-obatan medis, gatal di kulit juga dapat diatasi dengan melakukan pengobatan dengan obat gatal alami. Berikut ini beberapa obat gatal alami yang bisa anda gunakan untuk meredakan gatal-gatal, diantaranya yaitu :

  1. Kompres Dengan Es Batu

Ketika gatal-gatal menyerang, maka untuk meredakannya dengan mengkompres kulit yang gatal dengan es batu. Tahan selama beberapa menit sampai raga gatal hilang, cara ini sangat efektif untuk meredakan rasa gatal di kulit baik rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga maupun alergi.

  1. Kulit Jeruk

Ketika anda terkena gigitan serangga, maka segera gosok-gosokan bagian dalam kulit jeruk pada kulit yang terasa gatal. Dalam beberapa lama, rasa gatal pun akan langsung hilang. Selain mengobati gatal-gatal, cara ini juga dapat mencegah kulit terkena gigitan serangga.

  1. Bawang Merah Dan Minyak Kelapa

Obat gatal alami berikutnya yang bisa anda gunakan yaitu bawang merah dan minyak kelapa. Caranya yaitu, belah bawang merah segar menjadu dua bagian, lalu oleskan pada minyak kelapa hangat dan gosok-gosokan pada kulit yang gatal. Dalam sekejap, rasa gatal akan hilang.

  1. Daun Delima

Obat gatal terakhir yang dapat anda gunakan yaitu dengan daun delima. Caranya yaitu, haluskan daun delima dengan cara di tumbuk, lalu gosok-gosokan pada bagian kulit yang terasa gatal atau terkena gigitan serangga. Diamkan selama minimal 15 menit, lalu basuh sampai bersih dengan air hangat. Dalam sekejap rasa gatal pun akan hilang.

Baca Juga : 

  1. Air Garam Hangat

Jika gatal-gatal yang anda alami hampir di seluruh tubuh, maka salah satu cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan air garam hangat. Caranya yaitu, larutkan garam dapur sebanyak setengah bungkus kecil ke dalam air mendidih. Setelah itu, campurkan air mendidih tersebut dengan air dingin sampai air terasa hangat untuk mandi. Gunakan air tesebut untuk mandi, pastikan airnya tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas agat kuman dan bakteri pada kulit mati.

Itulah serangkaian tips dan cara mengobati gatal-gatal dengan obat gatal medis dan alami, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

error: Content is protected !!